Pendakian gunung andong via sawit

img 7839 - Pendakian gunung andong via sawit
sumber : ranselhitam.wordpress.com

Gunung Andong

Gunung Andong adalah  salah satu gunung dijawa tengah yang tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan para pendaki. Memiliki ketinggian yang tidak begitu tinggi (1726 Mdpl) , tetapi gunung andong memiliki pesona alam yang luar biasa mempesona. Gunung Andong berlokasi di Girirejo kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang di perbatasan salatiga magelang dan semarang. Memiliki posisi yang sangat strategis di kelilingi Gunung-gunung besar yang cukup terkenal diantaranya: Gunung Merbabu dan Merapi di sisi selatan, Di barat terdapat Gunung Sindoro dan Sumbing, Di sisi timur terdapat gunung Telomoyo, dan gunung Ungaran di sisi utara. Jika cuaca sedang bagus anda juga akan bisa melihat gunung Lawu dan Slamet dari kejauhan.

Memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi dengan pesona alam yang luar biasa ditambah dengan akses nya yang mudah membuat gunung Andong bak primadona dikalangan pendaki terutama pendaki pemula. Disaat libur nasional atau weekend terutama 17 agustus bisa di pastikan puncak Andong satu-satunya tempat ideal untuk camp pasti akan penuh sesak. untuk itu apabila ingin ke andong ada baiknya pilihlah hari normal/weekdays.

Di puncak Andong tepatnya di puncak jiwa saat ini terdapat warung yang menjual berbagai keperluan logistik pendaki, dari Teh hangat, Mie instan, hingga gorengan di jajakan pemilik warung yang aslinya adalah warga dusun sawit itu sendiri. Gue sendiri adalah salah satu orang yang gemar menyambangi andong berkali-kali menurut gue Andong adalah sarana refresh otak apabila udah kangen sama alam (pernah waktu terlalu stress deadline sama temen malah nekat ke andong ini wkwk 😀 ) dan juga gak punya waktu banyak untuk pendakian yang berhari-hari mengingat posisi admin di Jogja maka untuk pendakian ke Andong pulang-pergi cukup sehari full. Oya satu lagi kebanyakan pendaki gunung andong mendaki di sore hari atau dinihari menjelang subuh untuk hunting sunset/sunrise seperti yang gue pernah lakuin di andong untuk mengincar sunrise karena viewnya di jamin ajib !

IMG 20170614 WA0002 1024x768 - Pendakian gunung andong via sawit
Dok.Pribadi

Terlihat Gunung Telomoyo dan Ungaran dari puncak andong

IMG 20170614 WA0012 1024x768 - Pendakian gunung andong via sawit
Dok pribadi

Sunrisenya Andong

Pendakian gunung andong via sawit

Gunung Andong sendiri Sejatinya memiliki 3 Jalur pendakiang yaitu:

  • Pendakian gunung andong via Sawit di dusun sawit
  • Pendakian gunung andong via pendem di dusun pendem
  • Pendakian gunung andong via Gogik di dusun gogik

Disini Kabutlembah akan membahas pendakian gunung andong via Sawit, Jalur pendakian yang paling banyak di lalui pendaki gunung Andong.

Basecamp Gunung Andong via sawit dapat dengan mudah di akses dari jalan magelang – salatiga tepatnya dari pasar ngablak Kopeng apabila dari magelang gapura pendakian gunung Andong via sawit akan berada di kiri jalan tinggal ikuti saja plang jalannya yang sudah sangat jelas, kurang lebih 15 menit dari pasar ngablaklah basecamp gunung andong via sawit berada, atau detailnya bisa kamu lihat di google maps.

Untuk Retribusi pendakian terakhir saya di andong pada bulan juni 2017 kemarin adalah Rp.6000/orang , Basecamp gunung andong via sawit sendiri memiliki fasilitas yang bagus dengan banyaknya warung 24jam di sekitar basecamp dan juga tersedia banyak toilet umum yang dijaga kebersihannya.

Basecamp – Pos 1

Pendakian Gunung Andong dimulai dari basecamp ke barat melewati ladang penduduk menuju gerbang pendakian gunung andong via sawit dari sini pada awalnya akan melewati tembok buatan cantik yang worth it banget buat foto dimana belakangnya viewnya adalah siraksasa merbabu(kalo cerah 🙂 ) setelah itu melewati track berupa anak tangga tidak terlalu terjal tetapi terus menanjak dengan sedikit bonus setelah berjalan kira kira 25-40 menit maka akan sampai pada pos 1 yang bernama Watu Pocong berupa pondokan kayu beratap dan juga beberapa bangku dari kayu yang cocok untuk istirahat sebentar.

IMG 20170614 WA0001 1024x768 - Pendakian gunung andong via sawit
Dok. pribadi

Gerbang Pendakian Gunung Andong via Sawit

gunung andong04 - Pendakian gunung andong via sawit
sumber : hellosemarang.com

Pos 1 Watu pocong

Pos 1 – Pos 2

Perjalan selanjutnya yaitu menuju pos 2(yakali pos 4 😀 ) track kurang lebih seperti menuju pos 1 akan tetapi sedikit lebih terjal. Setelah perjalanan kurang lebih 25-40 menit (sama) maka akan tiba di pos 2 yang bernama watu gambir. Pos 2 sama dengan pos 1 berupa pondokan beratap.

gunung andong06 - Pendakian gunung andong via sawit
sumber : hellosemarang.com

Pos 2 Watu Gambir

Pos 2 – Puncak

Dari pos 2 selanjutnya akan langsung ke puncak karena Andong hanya memiliki 2 pos, Track selanjutnya adalah menanjak dan berkelok-kelok sejatinya ini yang paling berat dan PHP karena puncak yang sepertinya sudah di depan mata tapi belum sampai-sampai, sobat juga akan melewati sumber air yang dialirkan melalui pipa untuk kebutuhan para pendaki.

Jika sudah menjumpai sumber air ini menandakan puncak sudah dekat. Track akan memutari punggungan bukit hingga terlihat makam darisana akan ada dua percabangan jika kekiri maka akan menuju puncak makam kekanan menuju puncak jiwa, puncak andong, dan puncak alap-alap. Jika ambil kekanan setelah sedikit menanjak maka akan sampai pada area camping ground dan terdapat beberapa warung tempat itu adalah puncak Jiwa. dari puncak jiwa kepuncak andong hanya sekitar 3-5 menit saja termasuk sangat dekat. Dari puncak Andong kepuncak alap-alap sobat akan melewati track jembatan setan berupa jalur yang sempit dengan jurang di kanan kiri.

P 20170506 064756 HDR 1024x576 - Pendakian gunung andong via sawit
Dok. pribadi

Puncak Jiwa

IMG 20170614 WA0004 1024x768 - Pendakian gunung andong via sawit
Dok. pribadi

Puncak Andong

IMG 20150222 175654 1 1024x759 - Pendakian gunung andong via sawit
sumber : manusialembah.blogspot.co.id

Track Jembatan Setan

Informasi Tambahan :

Nomo HP/WA Basecamp Pendakian gunung andong via sawit (Jika Perlu)

085877999507

Berikut Informasi Pendakian gunung andong via sawit  Semoga bermanfaat apabila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan berkomentar 😀

1 comment
  1. iiihhh, hebat! keren!
    btw, saya baru denger loh gunung andong ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *