Tips mendaki gunung untuk pendaki pemula

 

tmb hero 1024x576 - Tips mendaki gunung untuk pendaki pemula

Kegiatan mendaki gunung

Mendaki gunung merupakan olahraga luar ruangan yang menjadi favorit beberapa remaja baru-baru ini. Dengan mendaki gunung kita dapat menikmati lukisan alam ciptaan tuhan yang penuh pesona. Jika dulu kegiatan mendaki gunung akrab dengan Mapala(Mahasiswa pencinta alam) namun kini Mendaki gunung banyak di lakoni semua kalangan baik Mahasiswa, Pekerja bahkan Pelajar.

Namun tak dapat dipungkiri, sejatinya mendaki gunung tetaplah olahraga ekstrim yang tidak dapat dianggap enteng tak jarang banyak yang mendapat kecelakaan digunung baik fatal maupun ringan. Semua itu terjadi biasanya dikarenakan minimnya persiapan dan pengetahuan tentang mendaki gunung. Untuk itu penting adanya persiapan dan perencanaan yang matang. Berikut beberapa tips mendaki gunung yang dapat dilakukan untuk mendaki gunung.

  1. Olahraga sekurang-kurangnya seminggu sebelum pendakian

Mendaki gunung berarti kita harus selalu bergerak, untuk itu perlu adanya persiapan olahraga agar tubuh tidak kaget nantinya saat mendaki. Olahraga yang cocok adalah jogging di pagi dan sore hari, hal ini cocok untuk melatih otot kaki sehingga otot kaki menjadi lebih kuat disaat mendaki dan meminimalisir kemungkinan kram. Olahraga lainnya yang cocok untuk persiapan mendaki yaitu senam kecil-kecilan dan lari naik turun tangga, ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan

2. Ada baiknya mendaki gunung yang rendah terlebih dahulu

Sebelum mendaki gunung-gunung tinggi ada baiknya untuk pemula bisa mulai dengan mendaki gunung dengan ketinggian rendah hingga sedang dengan jarak mendaki yang tidak terlalu lama, hal ini bertujuan untuk mengenalkan dunia pendakian dan untuk melatih fisik sebelum mendaki gunung dengan jarak daki yang berhari-hari. Contoh gunung yang cocok untuk pendaki pemula yaitu gunung Andong di jawa tengah di mana waktu tempuh yang relatif sebentar (2-3 jam).

3. Perlengkapan yang harus di bawa

Perlengkapan mendaki gunung merupakan salah satu hal wajib yang diperhatikan saat mendaki gunung, dengan tidak adanya Perlengkapan pendakian kegiatan mendaki menjadi kurang nyaman bahkan jika yang tidak ada itu Perlengkapan yang sangat penting seperti jaket bisa berdampak fatal dinantinya :D. Perlengkapan yang harus di bawa saat mendaki gunung ialah:

  • jaket
  • sarung tangan
  • sepatu gunung/sendal gunung
  • kaos kasi
  • tas besar/ransel/carrier (disesuaikan)
  • tenda
  • matras
  • senter
  • tongkat
  • mantel
  • Kamera atau handphone untuk dokumentasi
  • sleeping bag
  • tas kecil untuk menyimpan dompet, hp, dan barang kecil lainnya
  • peralatan memasak khusus outdoor dan peralatan makan
  • Disesuaikan

Peralatan pendakian tidak selalu harus beli alternatifnya bisa meminjam dari teman atau sewa di persewaan outdoor yang sudah menjamur saat ini.

4. Manajemen Logistik

Logistik atau konsumsi merupakan hal penting yang harus di perhatikan banyak kejadian pendaki yang batal sampai ke puncak karena kekurangan logistik perhatikan berapa lama waktu yang dipendakian dan berapa kali kira-kira akan makan selama pendakian, apa saja menu yang akan dimakan selama pendakian dan cemilan selama mendaki harus benar-benar di perhitungkan. Diskusikan dengan teman sependakian untuk hal ini. Sedangkan logistik pribadi yang harus di bawa yaitu : Air Mineral 1.5 l dua botol, mie instan, beras/nasi jadi, coklat/madu/gula jawa(sebagai cemilan dipendakian sebagai cadangan energi instan) dan lainnya di sesuaikan berdasarkan hasil diskusi dengan teman sependakian

5. Etika pendakian

Etika pendakian adalah perilaku yang harus diperhatikan digunung mengingat gunung adalah tempat bermain yang bukan main-main :). Beberapa hal dan perilaku yang harus di perhatikan di gunung yakni : Mintalah restu dari orang tua untuk mendaki gunung, Jangan malu meminta beristirahat apabila capek, Jangan terlalu banyak mengeluh jika jenuh cukup di simpan di dalam hati saja :), Usahakan selalu bersama teman sependakian jika ada yang tertinggal tunggu lah terlebih dahulu, Sapa lah setiap pendaki yang berpapasan, Jangan melakukan vandalisme di papan penunjuk arah maupun di tempat lainnya, jangan memetik bunga edelweis, Perhatikan Instruksi dan larangan yang ada di kawasan gunung yang di daki, Ada baiknya mendaki gunung dengan teman yang sudah pernah mendaki gunung yang akan didaki atau minimal sudah pernah mendaki gunung sebelumnya, Dan yang paling penting jangan membuang sampah sembarangan bawalah trashbag saat mendaki untuk menyimpan sampah dan di buang di tempat sampah saat sudah di bawah/basecamp.

Beberapa hal diatas bukan lah hal yang wajib dilakukan namun tidak ada salahnya di lakukan agar mendaki menjadi lebih nyaman percayalah dengan kegiatan-kegiatan positif digunung pasti membuat pendakian mu lebih berkesan.

Berikut beberapa tips pendakian untuk pemula semoga bermanfaat dan jangan lupa berdoa saat akan mendaki

Salam Lestari 🙂