Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

kumpulan foto keindahan gunung sumbing - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Gunung Sumbing

Sumber : www.satujam.com

Gunung Sumbing adalah salah satu gunung yang terdapat dalam jajaran gunung tinggi di Jawa tengah yang terkenal dengan sebutan 3S (Sumbing, Sindoro, Slamet). Memiliki Ketinggian 3371 Mdpl Membuat Gunung Sumbing menjadi Gunung Tertinggi Kedua di Jawa Tengah setelah Slamet dan tertinggi ketiga se pulau jawa. Gunung Sumbing Secara Geografis Terletak di 3 Kabupaten Wonosobo,Temanggung dan Magelang.

Gunung Sumbing memiliki Pasangan yaitu Gunung Sindoro Bentangan alam kedua gunung ini menjadi tempat yang cocok untuk Menikmati Kabut, Sunrise atau sunset (Jika cuaca memungkinkan XD).  Gunung Sumbing Sendiri memiliki beberapa Jalur Pendakian Yaitu

1. Via Garung
  2. Via Banaran
  3. Via Bowongso
  4. Via Mangli
  5. via Cepit Parakan
  6. Via Kaliangkrik

10354601 746725182058652 5183087046096340100 n - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

sumber : zulvanhaidar.blogspot.co.id

Salah satu Jalur yang cukup sering dilalui pendaki ialah via Kaliangkrik yang terdapat di Dusun Butuh Kecamatan Kaliangkrik Magelang Jalur ini adalah jalur yang gue lalui di Pendakian Sumbing Silam. Saat itu gue dan temen-temen kali itu ada niatan untuk mulai ndaki di pagi hari untuk itu kami mulai berangkat sekitar pukul 10 Malam dari Jogja ke Bc butuh kesalahan kami kala itu adalah berangkat malam cuma modal GPS Smartphone padahal belum ada yang pernah lewat jalur ini, Jadilah kami Beberapa jam tersesat dan gak bisa tanya penduduk karena kondisi udah malam sepi cuy wkwk. Setelah Drama diperjalanan Sekitar pukul 2 pagi Kami sampai di BC.

symphony sumbing 1548433893244619828 300x169 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Basecamp Sumbing via butuh Kaliangkrik

(sumber : IG @symphony_sumbing)

Pagi hari setelah Mendapat Kenalan baru dua orang pendaki wanita tangguh yang berasal dari jogja  juga 😀 jadilah saat itu kami mendapat dua anggota tambahan. Pendakian kami mulai pukul 09.00 Pagi dimana cuaca lagi seger-segernya setelah beres-beres dan sarapan pendakian dimulai melewati jalan setapak di samping basecamp tak lama nanti akan jumpa Gerbang Pendakian Sumbing via Butuh Kaliangkrik

1491743043923 300x225 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Gerbang Syahdu

Sumber : Dokumen Pribadi

Perjalanan Menuju Pos 1 Berupa tanjakan yang berupa tangga dan bebatuan di antara Ladang Sayur penduduk tanjakan tanpa ada tempat landai yang berarti. Tanjakan ini akan ada sampai pos 2 sehingga sering juga disebut eskalator manual tanjakan PHP (walau lebih kejam di PHP doi hiks). Saat itu Gue Sampai di Pos 1 Sekitar pukul 11 siang. Camp satu hanya berupa pondokan beratap dengan kapasitas hanya memuat 2-3 tenda saja karena lahan yang tersedia sangat sempit

symphony sumbing 1565608412703071612 300x225 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Track menuju Pos 1

(sumber : IG @symphony_sumbing)

P 20170407 110221 300x169 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Pos 1

sumber : Dokumen Pribadi

Perjalanan menuju pos 2 kami istirahat sejenak di track saat itu karena kebetulan hari itu jumat untuk menghargai waktu sholat jumat kami break ngopi ngopi karena mau sholat jumat gak memungkinkan karena gak ada tempat landai yang lebar.

20151224 121209 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Track menuju Pos 2

sumber : zulvanhaidar.blogspot.co.id

Sekitar pukul 14.30 Kami tiba di pos 2 dimana pos 2 ini hampir sama dengan pos 1 berupa pondokan beratap namun bedanya pos 2 ini sedikit lebih lebar. Perjalanan selanjutnya cukup membuat bernafas lega karena track di dominasi landai dan terdapat banyak sungai ya lumayan buat tambahan logistik tapi tetap jangan lengah di sungai-sungai ini sudah menelah korban adanya pendaki yang terpleset jatuh kejurang dan tewas jujur awalnya berita ini yang buat agak keder waktu mau kesumbing lewat jalur ini tapi pas udah ngerasain ya kembali ke pribadi sendiri yang pasti keep safety.

20151224 131851 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Pos 2

1491710479127 225x300 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Sungai 2

sumber : Dokumen Pribadi

Sampai di pos 3 sekitar pukul setengah 4 pos 3 hanya berupa tanah landai dengan papan penunjuk bahwa itu pos 3 di pos 3 ini juga terdapat air terjun kecil disini kami istirahat dan sholat ashar  bergantian

20151224 144615 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Pos 3

sumber : zulvanhaidar.blogspot.co.id

Perjalanan menuju Pos 4 Track menanjak kembali didominasi track yang sempit hati-hati karena salah salah melangkah bisa fatal. Di sini kami ada mengalami fenomena ganjil dimana seharusnya ke pos 4 ini jaraknya paling dekat seharusnya menurut perkiraan kami mungkin sekitar pukul 5 mungkin kami sudah sampai namun sampai kumandang adzan maghrib dari bawah sana kami masih belum sampai padahal ritme berjalan kami normal-normal saja. Anehnya lagi sampai Adzan terdengar lagi yaitu adzan Isya kami masih belum menemukan Pos Terakhir (pos 4) Track yang kami lalui saat itu hanyalah mengitar punggungan bukit dimana waktu di ujung punggungan terlihat lagi punggungan bukit selanjutnya seperti diputar putar di punggungan itu saja disaat stamina udah drop apalagi saat itu ada cewek.

Terakhir waktu Istirahat dimana hampir nyerah udah camp disini aja miring-mirig bodo amat dah kata temen gue disitu ada satu temen yang jam terbang muncak nya cukup tinggi akhirnya inisiatif naik keatas lihat sapa tau pos 4 udah deket pas dia naik pertama hasilnya Nihil pas dia naik sedikit lagi Ternyata diatas udah Pos 4 akhirnya dia turun lagi memberi kabar gembira ke temen temennya yang udah tepar level dewa di kerjain penghuni halus Sumbing wkwk. Akhirnya Pukul 20.00 Kami sampai di pos 4 bayangin aja sob normalnya pukul 17.00 harusnya udah sampai ini sampai pukul 20.00 baru sampai jadi di totalin ada 11 jam kami Tracking dimana normalnya cuma 8 jam. Begitu sampe langsung bangun tenda beres beres makan langsung tepar semua zzzzzzzzzzz. Saking pulesnya molor kami melewatkan kesempatan buat liat golden sunrise karena baru bangun pukul 06.00

20151225 064402 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Pos 4 Pos SUPER PHP 🙁

P 20170408 062843 HDR 300x169 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik
Merapi Merbabu tertutup kabut lembah

sumber : Dokumen Pribadi

Pukul 07.00 Kami berangkat summit menuju puncak seindah asa (lahhh) perjalanan kepuncak nyaris seperti perjalanan pos 3 – pos 4. Sewaktu summit ada baiknya ada yang menjaga tenda seperti kami saat itu satu temen gak ikut karena jaga tenda dan karena udah tepar juga ini penting karena di pos 4 pohon tunggal ini pernah ada kejadian pendaki yang kehilangan carrier dan barang berharga lainnya.

P 20170408 081215 HDR 300x169 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik
Perjalanan menuju Puncak sejati

Setelah beberapa saat pukul 09.00 kami sampai di Puncak Sejati

hP1340wg - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Finally i’m here

kA59izG - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Puncak Sedjati

fbySGM6 - Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Mukanya suram-suram amat mas kaya kisah cintanya 🙁

sumber : Dokumen Pribadi

Setelah puas menikmati puncak sejati dan tentu foto foto 😛 sekitar pukul 10.00 kami kembali ketenda untuk makan siang dilanjutkan turun kebasecamp kami sampai ke basecamp saat adzan maghrib Alhamdulillah perjalanan turun tidak ada drama yang begitu mengganggu lagi wkwk

Note :

nomor kontak Basecamp sumbing via kaliangkrik (kalo membutuhkan)